Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tahun 2022

Dalam Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tahun 2022, Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM)  Universitas Dhyana Pura menggelar Aksi Membersihkan Lapangan Umum Dari Puntung Rokok yang mengangkat tema “LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT TANPA PUNTUNG ROKOK”. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya.

Aksi membersihkan lapangan umum dari puntung rokok ini digelar berdasarkan permasalahan terkini yang ada di lingkungan masyarakat. Dimana lapangan merupakan tempat yang dapat dimanfaatkan untuk berolahraga, bersantai-santai, bermain, dan tempat piknik oleh perseorangan/kelompok. Selain itu, lapangan juga dapat digunakan sebagai tempat diadakannya kegiatan-kegiatan besar berskala lokal, nasional, maupun internasional. Lapangan menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi masyarakat baik dari kalangan orang tua, dewasa, remaja maupun anak-anak. Namun, beberapa masyarakat yang berkunjung ke lapangan terkadang tidak menjaga kebersihan sehingga masih terlihat sampah berserakan di lingkungan tersebut. Salah satu sampah yang masih banyak berserakan dan menjadi permasalahan di lapangan adalah puntung rokok.

Puntung rokok merupakan bagian pada rokok yang berada di posisi pangkalnya sebagai media untuk menghisap rokok. Dari setiap batang rokok yang telah dihisap oleh perokok aktif, kira-kira 20% akan terbuang sebagai puntung rokok. Puntung rokok termasuk salah satu limbah kimia B3 yang dapat membunuh tanaman dan membuat kesuburan tanah berkurang jika dibiarkan. Seperti halnya bahaya di dalam asap rokok, pada puntung rokok juga masih tersisa zat berbahaya yang terkandung dalam rokok seperti nikotin arsenik, hidrocarbon aromatic polisiklik, dan logam berat yang dapat mencemari lingkungan.

Perokok aktif terkadang akan membuang sisa puntung rokok secara sembarangan karena dianggap sebagai sampah biasa yang bentuknya kecil dan mudah terurai. Hal ini yang menyebabkan banyaknya puntung rokok yang berserakan di tempat-tempat umum, salah satunya lapangan. Faktanya puntung rokok merupakan sampah yang sulit terurai meskipun terpapar sinar matahari dan menjadi bagian-bagian kecil, namun materialnya masih tetap ada dan bahkan bisa tercampur dan mencemari tanah.

Maka dengan demikian, aksi membersihkan lapangan dari puntung rokok selain bertujuan untuk memperingati HLHS Tahun 2022 namun juga bertujuan untuk mengurangi limbah puntung rokok di tempat-tempat umum, dan meminimalisir pencemaran tanah. Kegiatan pemungutan puntung rokok dilaksanakan pada 3 lapangan yaitu Lapangan Lumintang Denpasar, Lapangan Niti Mandala Renon, dan Lapangan Puputan Badung. Dengan dilaksanakan kegiatan pemungutan puntung rokok pada HLHS Tahun 2022 ini, kami sangat mengharapkan adanya perubahan perilaku dari perokok aktif atau masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan di tempat-tempat umum agar dapat meminimalisir pencemaran lingkungan.